Hernia Setelah Melahirkan

Hernia Setelah Melahirkan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tanya: Dua minggu setelah bersalin saya senam nifas, tiba-tiba keluar darah agak banyak, padahal sebelumnya tinggal flek. Besoknya keluar gumpalan darah agak besar. Saat menyentuh vagina terasa ada ‘bantalan’ dan nyeri seperti menakan keluar dari dalam. Sampai sekarang (5 bulan pasca bersalin) saya masih merasakan nyeri yang sama saat mengejan atau jongkok. Otot di sekitar perineum tegang, agak kebas. Apakah saya “turun berok?”

Jawab: Istilah “turun berok” lebih tepat digunakan pada hernia. Sedangkan peranakan turun (proplaps uteri) sering terjadi pada wanita yang sudah menopause karena lemahnya otot panggul dan jaringan penyangga rahim. Selain disebabkan usia, kelemahan otot dinding panggul juga bisa terjadi akibat sering melahirkan. Yang terjadi pada Anda bukan peranakan turun, melainkan pengerutan rahim (involusi) yang belum sempurna setelah persalinan, sehingga saat jongkok ada ‘bantalan’ di vagina.

Nyeri dan bekas di perineum (daerah antara anus dan vagina) setelah 5 bulan melahirkan dapat terjadi bila penyembuhan luka episiotomi (jahitan persalinan) kurang baik, sehingga terjadi jaringan parut yang kaku dan lebih keras dari jaringan sekitarnya. Keluhan ini bisa diobati dengan pemberian injeksi oleh dokter kandungan. Diskusikan lagi hal ini dengan dokter Anda. Frekuensi hubungan intim tidak berpengaruh terhadap pemulihan pasca melahirkan.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda