24 Jam Setelah Bayi Lahir

 

Dalam 24 jam pertama setelah lahir, kemungkinan besar bayi Anda sudah pipis dan pup. Selain lapar, biasanya bayi akan bangun dan menangis bila popok dan pakaiannya basah.

Bahkan, mungkin saja ia pup beberapa menit setelah lahir. Kotoran bayi baru lahir yang berwarna hitam kehijauan ini disebut mekonium. Bila ia belum pup juga, dokter akan melakukan tindakan untuk membantunya.

Bila bayi tetap saja rewel (padahal popok dan pakaiannya sudah diganti), bisa jadi ia butuh dekapan dan pelukan. Dengan begitu, ia merasa aman dan nyaman. Biasanya sih, bayi yang telah terpenuhi semua kebutuhannya ini akan kembali terlelap.

Jika dokter atau perawat mencurigai ada masalah dengan kesehatan bayi Anda, serangkaian pemeriksaan akan diulang. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada kelainan yang belum terdeteksi, kemungkinan adanya gangguan kesehatan, atau terjadi infeksi setelah dilahirkan.

Nah, kalau kebetulan Anda dan bayi berada dalam satu ruangan (rooming in), sebaiknya Anda juga mengamati kondisi bayi. Segera beritahu dokter atau perawat begitu ada yang tidak beres. Dengan begitu, bisa segera dilakukan pemeriksaan yang lebih teliti.

 



Artikel Rekomendasi