Apa Itu Distosia?

 

Distosia adalah kelambatan atau kesulitan persalinan normal. Bisa disebabkan karena kelainan tenaga, kelainan letak, dan bentuk janin, serta kelainan jalan lahir.

Ada dua jenis distosia:
  • Distosia servikalis. Leher rahim gagal melebar selama persalinan, sehingga kontraksinya tidak cukup kuat untuk mengeluarkan bayi. Distosia serviks digolongkan sebagai darurat medis. Dokter akan mencoba merangsang kontraksi dengan oksitosin. Namun, jika gagal, bayi perlu dikeluarkan melalui operasi Caesar. Faktor penyebab: cidera leher rahim, ibu obesitas dan diabetes.
  • Distosia bahu. Kondisis darurat medis yang ekstrim, dan jarang sekali terjadi. Hanya terjadi pada 0,6% kelahiran. Hal ini terjadi ketika kepala bayi telah sampai ke jalan lahir, namun bahunya terjebak atau tersangkut di pinggir panggul. Kegagalan ini bisa menyebabkan kematian ibu dan janin. Tindakan yang bisa dilakukan adalah Meminta ibu untuk menekuk kedua tungkainya dan mendekatkan lututnya sejauh mungkin ke arah dadanya dalam posisi ibu berbaring terlentang. Meminta bantuan 2 orang untuk menekan fleksi kedua lutut ibu ke arah dada. Jika gagal, dokter akan membuat episiotomi yang cukup luas untuk mengurangi obstruksi jaringan lunak dan memberi ruangan yang cukup untuk tindakan. Jika berbagai posisi dan usaha belum juga berhasil, diperlukan segera operasi Caesar darurat.                              Faktor penyebab: kelainan panggul. 

 



Artikel Rekomendasi