Bisakah Kelahiran Normal Pasca Caesar?

 

Komplikasi utama yang ditakutkan untuk persalinan normal pada bunda yang pernah melakukan operasi caesar sebelumnya adalah robeknya segmen bawah rahim. Kondisi yang serius karena bisa menghilangkan nyawa ibu dan bayi yang dikandung seketika bila tidak dilakukan antisipasi dan penanggulangan secara cepat.

Ada yang menjadi pertimbangan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan persalinan normal pada bekas operasi caesar. Beberapa faktor esensial medis yang hanya boleh dinilai oleh dokter, sebelum mempertimbangkan persalinan normal pada bunda yang pernah melahirkan caesar. Yakni tehnik operasi caesar sebelumnya, ketebalan dinding segmen bawah rahim, jumlah air ketuban, adanya lilitan tali pusat atau tidak dan lainnya. Selanjutnya terdapat beberapa hal umum yang menjadi bahan diskusi antara dokter dengan pasien:
  • Usia dan keadaan umum kesehatan ibu
  • Ini kehamilan tunggal atau kehamilan kembar ?
  • Posisi bayi normal atau tidak ?
  • Besar bayi sesuai kapasitas panggul ibu atau tidak?
Jika usia ibu hamil diatas 40 tahun, persentase kegagalan kelahiran normal lebih tinggi. Hal yang berpengaruh lain yakni kondisi kesehatan ibu secara umumnya. Kehamilan kembar akan beresiko lebih besar untuk robeknya rahim, begitu pula dengan posisi bayi yang tidak normal dan taksiran berat janin diatas 4000 gram. Secara umum resiko kemungkinan robeknya rahim pada kehamilan dengan riwayat operasi caesar dengan riwayat 2 kali mencapai 3,7% kali

Menilik kondisi diatas, ibu hamil yang pernah melahirkan caesar bisa saja melahirkan secara normal. Dengan catatan, harus mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas. Karenanya konsultasi khusus dengan dokter kandungan tetap harus dilakukan.

 



Artikel Rekomendasi