Cara Mengetahui Kecukupan ASI Bayi

 

Cermati kebutuhan ASI bayi Anda, karena setiap bayi mempunyai kebutuhan yang berbeda. Berikut cara mengetahui kecukupan bayi akan ASI.
  • Sesudah menyusu, bayi tampak puas, tidur lebih lama, tenang (nyenyak) dan hanya sekali-sekali saja menangis.
  • Khusus untuk bayi dengan berat lahir normal, berat badan yang biasanya turun, tercapai kembali sesuai berat saat lahir (sekurang-kurangnya pada akhir minggu kedua), dan selama itu tidak terjadi penurunan berat badan lebih dari 10%.
  • Pertumbuhan bayi baik. Misalnya, berat badan bayi pada 3 bulan pertama yang diharapkan adalah sekitar 500-1000 gram/bulan (sekitar 125 gram/minggu).
  • Amatilah air seni dan kotoran bayi. Ia sering kencing, air seninya berwarna agak kekuningan, dan kotorannya berupa gumpalan kecil atau besar.
  • Matanya cemerlang, kulitnya halus dan rambutnya berkilau.
Bila Anda bekerja di rumah, Anda dapat berhenti bekerja setiap saat untuk menyusui bayi. Sedangkan Anda bekerja di luar rumah, atau karena pekerjaan Anda terpaksa berpisah dari bayi untuk waktu tertentu, sebaiknya Anda menguasai manajemen laktasi dengan baik. Antara lain, cari tahu cara memerah, menyimpan dan memberikan ASI perah. Jadi, tak ada alasan untuk tidak memberikan ASI, khususnya ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, bukan? Percayalah, bila Anda seorang ibu, Anda pasti bisa menyusui

 



Artikel Rekomendasi