Efek Operasi Cesar pada Bayi

 

Operasi cesar yang dilakukan saat usia kehamilan kurang dari 37 minggu, biasanya bayi mendapat perawatan khusus. Karena dikuatirkan memiliki masalah medis akibat usia kehamilan yang belum cukup matang.

Organ bayi belum matang. Paru-paru dan otak bayi normalnya akan matang pada akhir kehamilan. Jika dibanding bayi yang lahir cukup umur, bayi yang lahir antara minggu 34 hingga 36 kehamilan biasanya memicu masalah pada:
  • pernafasan, karena paru-paru belum matang. Bahkan jika cukup umur pun, bayi yang dicesar lebih berisiko memiliki masalah pernafasan ketimbang bayi lahir normal
  • masalah pada pencernaan
  • kurangnya kemampuan mengontrol suhu badan 
  • rentan penyakit kuning

Terkadang memang sulit memastikan kapan pastinya usia kehamilan. Kesalahan menghitung usia kehamilan walau hanya seminggu atau dua minggu, bisa menghasilkan bayi yang terlahir prematur. Sebaiknya hal ini diingat saat akan menentukan tanggal Anda akan dioperasi cesar.

Efek obat bius. Sebagian bayi mengalami efek dari obat bius yang diberikan dokter kepada ibunya saat operasi cesar. Setelah dilahirkan, bayi menjadi kurang aktif dan banyak tidur sebagai efek obat bius.

Masalah minum ASI. Ibu yang melahirkan secara cesar biasanya jarang yang bisa menyusui bayinya ketimbang ibu yang melahirkan normal. Hal ini karena rasa tak nyaman akibat operasi cesar. Bisa pula akibat waktu yang kurang mencukupi karena sang bayi dirawat di ruang tersendiri. Jika Anda akan dioperasi cesar, bicarakan terlebih dahulu keinginan untuk menyusui bayi Anda sesegera mungkin yang Anda mampu setelah operasi.

 

 



Artikel Rekomendasi