Enam Jam Pertama Kelahiran

 

Setelah lahir, umumnya bayi akan terlelap selama 2-3 jam, lalu terbangun dan menangis. Dalam 6 jam pertama, apa yang seharusnya Anda lakukan?

Tangisan bayi Anda yang baru lahir tersebut, tanda ia lapar dan ingin segera disusui. Lambung mungilnya hanya bisa menampung ASI yang bisa membuatnya kenyang selama 3 jam saja. Meski begitu, Anda tidak perlu merancang jadwal pemberian ASI. Biarkan ia menyusu semaunya dan semampunya. Ingat, hisapan bayi akan membantu merangsang keluarnya ASI.

Juga, bayi akan periksa darah untuk pertama kalinya. Biasanya, dokter akan mengambil darah dari tumitnya, sekitar 6 tetes. Pemeriksaan darah itu sendiri berbeda-beda pada setiap bayi, tergantung keadaan atau riwayat kesehatan keluarganya. Umumnya, yang diperiksa adalah kadar hemoglobin (Hb), kadar hemotokrit (Ht), dan golongan darah.

Bagaimana kalau bayi itu sehat? Meski tidak perlu perawatan intensif, ia akan terus dipantau secara teliti oleh pihak rumah sakit. Misalnya, hampir setiap jam, perawat akan mengukur suhu tubuh, mengecek pernapasan, denyut jantung, gerak otot, serta aktivitasnya. Jadi, selama semuanya normal, Anda tenang saja.

 



Artikel Rekomendasi