Faktor Penentu Lancarnya Persalinan

 

Cara pasti untuk mengetahui ukuran panggul cukup atau tidak untuk melakukan persalinan normal adalah dengan melakukan pemeriksaan yang sering disebut sebagai pelvimetri, yaitu mengukur beberapa parameter (lebih dari 10) ukuran rongga panggul.

Saat proses persalinan, bayi akan memulai perjalanannya keluar dari mulut rahim melalui jalan lahir dan jalan lahir yang paling sempit adalah rongga panggul. Jika rongga panggul berhasil mengakomodasi ukuran bayi, maka kemungkinan besar proses persalinan bisa berjalan dengan normal. Sebaliknya jika seandainya pun perkiraan ukuran dan berat bayi tidak terlalu besar, tapi ukuran panggulnya memang sempit, maka proses persalinan perlu dimonitor (dan jika tidak berhasil perlu dilakukan operasi caesar).
Pengukuran rongga panggul biasanya dilakukan saat antenatal care, atau pemeriksaan regular selama kehamilan. Beberapa dokter mungkin jarang melakukan pemeriksaan secara lengkap karena prosedur pengukuran itu sendiri cukup banyak dan tidak nyaman bagi si pasien. Metode lain seperti MRI atau X-ray juga bisa dilakukan, tapi sejatinya pada praktek sehari-hari amat jarang dilakukan.

Sebenarnya, keberhasilan proses persalinan tidak hanya melulu tergantung pada faktor ukuran panggul saja. Setidaknya ada 3 yang menentukan sukses tidaknya persalinan melalui cara normal:

  1. Kekuatan kontraksi ibu pada saat proses persalinan. Ini penting karena jika ibu ketakutan, belum    waktunya mengejan tapi dia mengejan, maka pada saatnya nanti tenaga untuk melakukan dorongan    kontraksi akan berkurang. Kadang kekuatan ini dibantu dengan infus, atau obat tertentu untuk    meningkatkan kontraksi rahim. Jadi tenaga untuk kontraksi harus dilakukan pada saat yang tepat supaya efektif.
  2. Ukuran dan bentuk jalan lahir, termasuk ukuran dan bentuk rongga panggul. Tidak ketinggalan juga jaringan otot di sekitar rongga panggul. Parameternya meliputi: ukuran, diameter, sudut panggul, dan lain-lain.
  3. Ukuran bayi itu sendiri. Seorang ibu bisa melahirkan bayi dengan ukuran normal.
  4. Faktor terakhir yang hampir hampir tidak pernah disebutkan dalam buku teori kedokteran adalah faktor psikologi. Pada saat proses persalinan, seperti: kehadiran suami, keluarga yang ikut memberikan support penuh pada calon ibu adalah kekuatan lain yang bisa berpengaruh besar pada kelancaran persalinan.

 



Artikel Rekomendasi