Hari Kedua Pasca Bayi Lahir

 

Di hari kedua setelah kelahirannya, bayi Anda akan menjalani serangkaian pemeriksaan kembali. Bila ia tampak kuning, maka kadar bilirubin (zat warna kuning dalam darah) dalam darah akan diperiksa.

Bila kadar bilirubinnya tinggi, maka dokter akan segera bertindak. Misalnya, melakukan terapi blue light, yaitu meletakkan bayi dalam wadah yang dilengkapi alat yang memancarkan sinar biru.

Perlu diketahui, hampir semua bayi baru lahir akan kuning di hari ke-3. Itu sebabnya, seluruh bayi perlu diperiksa kadar bilirubin dalam darah pada hari itu. Normalnya, kadar bilirubin adalah 0-1 mcg. Namun, sampai hari ke-7, kadarnya bisa saja naik sampai 12 mcg.

Sebelum dibawa pulang, dokter akan mengajari cara sederhana untuk mengetahui apakah benar bayi kuning atau tidak. Misalnya, bila ditekan dadanya, ditahan dan dilepas. Perhatikan daerah bekas tekanan tersebut. Biasanya, akan berwarna kuning. Bila bayi Anda benar-benar kuning, mau tidak mau harus segera dibawa ke rumah sakit. Di sini, dokter akan berupaya mengatasinya dan terus memantaunya sampai kadar bilirubin aman dan stabil. Artinya, Anda tak perlu terlalu kuatir.

 



Artikel Rekomendasi