Jangan Sampai Terkena Infeksi Saluran Kemih

 

Berisiko dialami oleh ibu yang melahirkan bayinya secara normal diantaranya adalah infeksi saluran kemih. Risikonya sekitar 5%. Salah satu faktor pemicunya adalah lamanya ibu dirawat di rumah sakit setelah persalinan karena pemakaian kateter yang cukup lama memicu timbulnya luka dan pembengkakan pada saluran kemih, serta aliran urine tersumbat. Risiko infeksi ini mengancam mulai dari 1 hari hingga 1 minggu setelah bersalin.

Penyebab: Seringkali adalah jenis-jenis bakteri yang biasa terdapat di dalam saluran pencernaan. Misalnya, bakteri Enterococcus yang termasuk kelompok bakteri Streptococcus grup D dan bakteri Escherichia coli.

Gejala: Muncul rasa panas seperti terbakar pada daerah vagina, disertai rasa gatal yang hebat sehingga menyulitkan untuk buang air kecil. Sering merasa ingin buang air kecil, tapi urine yang keluar hanya sedikit dan berwarna keruh atau mengandung bercak darah.

Pengobatan: Selain pemberian obat antibiotika, kini terbukti mengonsumsi buah cranberry (dalam bentuk jus, manisan buah, dan lain-lain) mampu mengobati infeksi saluran kemih.

Pencegahan: Selain menjaga kebersihan daerah vagina dan sekitarnya, konsumsi buah cranberry dalam bentuk segar maupun aneka jenis olahannya terbukti dapat menjadi salah satu cara pencegahan dari serangan infeksi ini, selain juga minum banyak air putih.

 



Artikel Rekomendasi