Jika Mual Pasca Melahirkan

 

Pasca melahirkan, jangan anggap remeh jika Anda merasa sakit perut disertai rasa mual sampai muntah-muntah, apalagi disertai diare. Bisa jadi, ini merupakan gejala infeksi di saluran pencernaan.

Rupanya kondisi tubuh yang masih lemah sehabis melahirkan menyebabkan Anda mudah mengalami infeksi jika makan sembarangan. Akibat muntah-muntah dan diare, dikhawatirkan Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dalam kondisi ini Anda akan merasa lemas.

Jika penyebabnya adalah virus, maka penyakitnya akan hilang sendiri dalam waktu satu atau dua hari. Hanya saja, Anda tetap harus banyak minum untuk mencegah kekurangan cairan tubuh.

Jika penyebabnya adalah bakteri, selain harus banyak minum untuk mengatasi kekurangan cairan yang mungkin terjadi, Anda juga harus mendapatkan antibiotik dari dokter. Apabila Anda muntah dan diare terlalu banyak, bisa jadi Anda perlu mendapatkan tambahan cairan melalui pembuluh darah balik alias diinfus. Nah, untuk bisa tahu penyebabnya, hasil muntahan atau tinja perlu diperiksa di laboratorium.

 



Artikel Rekomendasi