Kelahiran Malam Hari Lebih Berisiko?

 

Walau waktu persalinan tidak bisa diprediksi, hasil penelitian menunjukkan waktu persalinan pada malam hari peluang risiko terjadinya komplikasi lebih sering. Bagaimana meminimalkan risiko ini?

Dr. Eric A.P. Steegers dan kawan-kawan dari Erasmus University Medical Center,  Rotterdam, menemukan bahwa waktu persalinan bisa mempengaruhi kemungkinan persalinan wanita yang bersangkutan, yakni apakah lancar atau ada komplikasi.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 700.000 kelahiran di semua rumah sakit di Belanda, didapatkan bahwa risiko kematian bayi baru lahir dan kecenderungan perawatan di NICU (Newborn Intensive Care Unit) lebih tinggi pada malam hari daripada di siang hari. Hal ini terutama ditemukan di rumah sakit yang kecil. Diduga hal ini akibat pada malam hari kurang tenaga penolong persalinan, selain fasilitas pun kurang memadai.

Memang, kita tidak bisa tahu pasti kapan persalinan akan terjadi. Tapi dengan persiapan yang baik, peluang risiko terjadinya komplikasi bisa diminimalkan.

Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi