Kelahiran Prematur Akibat Rahim Ganda

 

Kelainan pada bentuk rahim menjadi salah satu penyebab kelahiran prematur. Salah satunya adalah kelainan rahim ganda.

Persalinan prematur yang Anda alami  memang kerap terjadi pada ibu hamil dengan kelainan bentuk rahim. Rahim ganda atau uterus dupleks merupakan kelainan rahim bawaan lahir,   dimana ibu memiliki kantong atau badan rahim dua, namun mulut rahim satu. Sebenarnya ini bukan kelainan menakutkan  sepanjang dikenali sejak awal kehamilan.

Di awal kehamilan, ibu hamil yang memiliki uterus dupleks akan sering mengalami     perdarahan akibat hanya satu badan rahim yang terisi kehamilan, sedangkan satunya lagi  tidak terisi namun ikut menebal sehingga memicu perdarahan. Pada trimester ketiga, kelainan bentuk rahim biasanya menyebabkan kelainan letak janin  dan persalinan prematur.

Uterus dupleks juga dapat memicu sulitnya terjadi kehamilan. Karena itu, bila terjadi     kehamilan lagi,  ibu harus berhati-hati, khususnya  pada trimester ketiga, dengan cara     berdiskusi dengan dokter langkah terbaik untuk mempertahankan kehamilan sampai matang  atau mengantisipasi janin agar tetap survive di luar kandungan jika terpaksa lahir prematur.

 



Artikel Rekomendasi