Masalah Pada Jahitan Perineum

 

Beberapa masalah ini kerap dialami oleh ibu yang melahirkan secara normal. Pahami jahitan perineum Anda agar tahu tindakan yang tepat ketika jahitan tersebut bermasalah.

Infeksi terjadi akibat teknik penjahitan yang tidak steril, ada benda asing tertinggal, atau luka terkontaminasi kuman. Gejalanya bengkak, merah, nyeri dan demam. Bila tidak diatasi dapat berkembang menjadi abses atau infeksi hebat yang ditandai dengan munculnya nanah. Selain itu infeksi dapat menjalar ke organ reproduksi, seperti serviks.
Penanganannya: ibu diberi antibiotik dan diminta sering mengganti pakaian dalam agar kebersihan daerah genital lebih optimal.

Robekan lepas. Luka jahitan membuka sebelum waktunya, disebabkan oleh jahitan yang rapuh karena penggunaan benang berkualitas buruk, atau sebaliknya akibat  jahitan terlalu kuat, dan akibat infeksi.
Penanganannya: diberi antibiotik. Setelah itu jaringan luka diperhatikan, bila masih bengkak maka penjahitan ulang dilakukan 2-3 bulan kemudian.

Perdarahan.  Terjadi jika dalam persalinan pembuluh darah arteri di dalam vagina terpotong dan tidak dilakukan pengikatan, sehingga perdarahan terus berlangsung dan  menyebabkan bengkak.
Penanganannya: segera menghentikan perdarahan untuk mencegah pembengkakan lebih besar.

Salah Jahit. Dapat menimbulkan gangguan kesehatan,  merusak estetika vagina, hingga mengganggu kualitas hubungan seksual.
  • Jahitan tumpang tindih akibat tidak dilakukan adaptasi luka. Selain mengakibatkan  luka sembuh lebih lama,  setelah sembuh hasil jahitan tampak jelek.
  • Jahitan terlalu tegang sehingga menyumbat peredarah darah di daerah jahitan  dan mengakibatkan kematian jaringan.
  • Jahitan tidak lapis demi lapis sehingga menimbulkan rongga mati di dalam vagina.
Penanganannya: Apabila terasa sangat mengganggu, hasil jahitan dapat dibuka kembali dan dijahit ulang oleh dokter.

Keloid bekas jahitan yang meninggalkan luka kenyal atau keras di atas kulit,  permukaannya halus, berwarna merah muda atau ungu.
Penanganannya:  ibu diberi krim antikeloid untuk meminimalisir risiko keloid.

(BDH/RAC)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Obat Pereda Sakit Saat Melahirkan

Jujur saja, melahirkan memang sakit, karena ada aktivitas besar tubuh untuk mengeluarkan bayi. Tapi ada gas etonox, epidural, ILA, untuk kurangi rasa sakitnya. Silakan dipilih!... read more

post4

Operasi Caesar, Bisa ASI Ekslusif

Masa kritis pasca persalinan caesar memang lebih lama ketimbang persalinan normal. Perhatikan hal berikut bila ingin memberi ASI eksklusif pada bayi pasca persalinan caesar.... read more