Melahirkan Dengan Hypnobirthing

 

Menikmati Proses Melahirkan
Hypnobirthing merupakan metode alami untuk menghilangkan rasa takut, panik, tegang, dan tekanan-tekanan lain yang menghantui Anda saat menghadapi persalinan. Metode yang ditemukan oleh Marie F.Mongan di Amerika Serikat ini berasal dari kata hypnosis (tidak sadar) dan birthing (melahirkan). Namun, metode tersebut tidak lantas membuat Anda tidak sadarkan diri saat melahirkan. Justru Anda sepenuhnya sadar dan menikmati proses lahirnya sang buah hati.
    Hypnobirthing lebih mangacu kapada hipnoterapi, yaitu latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar sehingga Anda dapat mengendalikan tindakan sadar Anda ketika menjalani proses persalinan. Dengan metode ini rasa nyeri akibat kontraksi yang bisa terjadi bisa diminimalkan. Metode Hypnobirthing bisa diterapkan pada persalinan normal maupun persalinan lewat operasi. Walau tentu saja metode ini lebih terasa manfaatnya jika Anda menjalani persalinan secara normal. Rasa sakit yang muncul dapat berkurang tanpa menggunakan obat penghilang ras asakit. Hubungi rumah sakit Anda atau datangi klinik yang menyediakan kelas prenatal bila Anda tertarik untuk mengikuti metode ini.
Anda bisa menjalani latihan relaksasi Hypnobirthing kapan saja Anda mau. Umumnya latihan dimulai begitu menginjak bulan ke tujuh masa kehamilan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan latihan rutin dan bimbingan dari seorang ahli hipnoterapi. Selanjutnya, sikap tenang, niat yang kuat, serta kemantapan hati menjadi modal Anda agar proses persalinan berjalan lancar dan alami.

Banyak Manfaat
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melahirkan dengan metode hypnobirthing:
  • Meminimalkan atau bahkan menghilangkan rasa takut, tegang, sindrom rasa sakit, serta kepanikan selama proses persalinan dan periode setelahnya.
  • Mengurangi atau menghapus keinginan untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit saat bersalin.
  • Mempersingkat fase awal proses pembukaan jalan lahir.
  • Menghilangkan keletihan setelah proses kelahiran bayi sehingga Anda tetap bertenaga.
  • Mengurangi pernafasan cepat dan pendek karena menahan rasa sakit saat persalinan  berlangsung.
  • Mempercepat masa pemulihan pasca melahirkan.
  • Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis.
  • Mempercepat ikatan batin antara Anda, bayi, dan suami.
    
    
 

 



Artikel Rekomendasi