Menghitung Hari Jelang Kelahiran

 

Sedang menghitung hari jelang kelahiran bayi?  Jangan sampai terlewat info seputar kelahiran sebagai bekal menyongsong bayi berikut ini.

Ups, Meleset 
Sekitar 75% bayi lahir antara hari ke-261 dan ke-271 setelah konsepsi. Artinya, bayi dapat lahir 2 minggu sebelum atau sesudah tanggal perkiraan. Jadi, Anda sebaiknya jangan terlalu berpatokan pada tanggal kelahiran yang diperkirakan dokter. Santai saja dan nikmati hari-hari terakhir kehamilan.

Setelah 24 Jam 
Berapa lama Anda harus berdiam diri di tempat tidur pasca operasi Caesar? Umumnya, dokter baru mengijinkan Anda untuk turun dari tempat tidur 24 jam setelah operasi. Hal ini dimaksudkan, agar tim penolong persalinan dapat memantau kesehatan Anda. Misalnya, ada perdarahan atau tidak.

BAB Tak Terkontrol
Duh malunya, jika setelah persalinan, feses Anda yang berupa cairan atau padat seringkali keluar tanpa disadari. Kondisi   yang  disebut inkontinensia alvi ini bisa terjadi akibat adanya  robeknya jaringan yang terletak antara liang vagina dan saluran cerna bawah. Kabar baiknya, kondisi ini bisa diperbaiki dengan operasi. Jadi, jangan malu memberitahukan kondisi ini ke dokter.
 
Menangkal Stretch  Mark
Guratan-guratan putih atau stretch mark, yang muncul saat hamil di perut, paha, dan payudara, memang menganggu penampilan, bahkan setelah kelahiran bayi. Sebenarnya, terjadinya stretch mark ini dapat diminimalkan dengan:

  • Menghindari kenaikan berat badan berlebihan
  • Meningkatkan elastisitas kulit. Dengan cukup asupan vitamin mineral (sayur, buah), minum cukup, perawatan dengan pelembab (sebaiknya alami, contohnya minyak zaitun)
  • Mengoleskan krim anti stretch marks sejak awal kehamilan. Krim ini dapat membantu "menyembuhkan" jaringan kulit yang robek. Namun, sebelum menggunakannya, tanyakanlah dulu ke dokter Anda, atau coba sedikit. Kalau tak menimbulkan reaksi mengkhawatirkan, okelah. 

Pin Tze Huang
Obat Cina, pin tze huang dipercaya cepat menyembuhkan luka, termasuk luka akibat operasi caesar. Namun, kandungan aktif pin tze huang belum jelas benar. Itu sebabnya, para dokter umumnya tidak menganjurkan ibu baru melahirkan untuk mengonsumsinya, dan  cukup memberikan obat anti nyeri, antibiotik dan penurun panas. Walaupun masih perlu penelitian lebih lanjut, pin tze huang juga dikatakan dapat mengurangi produksi ASI.

 



Artikel Rekomendasi