Menyusui Pasca Operasi Payudara

 

Sedikit banyak, operasi payudara akan mengganggu proses menyusui. Lalu, apabila operasi harus dilakukan, bagaimana dengan proses menyusui bayi?
 
Siapa yang tidak khawatir ketika menemukan benjolan yang ternyata adalah tumor ketika menyusui? Apalagi mengetahu fakta bahwa operasi payudara bisa mengganggu proses menyusui, yaitu produksi ASI yang berkurang.
 
Oleh sebab itu, selama tidak mengganggu dan masih berupa benjolan kecil, tumor jinak dan kista payudara tidak usah dioperasi. Apalagi bila bunda sedang dalam masa menyusui. Bunda bisa menunggu sampai proses menyusui selesai, baru dilakukan tindakan yang diperlukan.
 
Tapi apabila sudah semakin besar dan mengganggu, akan dilakukan operasi pengangkatan. Operasi dilakukan dengan cara pengambilan jaringan (biopsi) serta bius lokal. Operasi berlangsung singkat saja, hanya sekitar 1 jam.
 
Lalu, bagaimana jika tumor payudara terpaksa harus diangkat? Tak usah khawatir, susui bayi sebelum operasi dan perahlah ASI terlebih dahulu untuk disimpan. Karena, beberapa lama setelah operasi, mungkin bunda belum mampu menyusui, dan bisa jadi bayi haus saat bundanya menjalani operasi.
 
Berikan ASI dengan menggunakan sendok, bukan botol, agar bayi tidak bingung puting.

 



Artikel Rekomendasi