Pasca Kelahiran, Lambung Nyeri

 

Perut Anda kembung dan lambung terasa sakit seperti ditusuk-tusuk? Kondisi ini memang bisa Anda alami kapan saja, bahkan juga setelah melahirkan.

Sakit lambung yang selama ini banyak diperkirakan orang karena stres, bisa jadi dialami juga oleh para ibu yang merasa lelah setelah melahirkan dan mengurus bayinya. Jika gejalanya hanya kembung dan sembuh dalam beberapa jam, mungkin memang hanya karena gangguan meningkatnya asam lambung yang ringan.

Sekalipun begitu, sakit lambung yang terus-menerus perlu diperhatikan dengan serius, karena mungkin saja terjadi akibat luka di dinding lambung yang kemudian memproduksi bakteri. Luka ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Antara lain, karena obat, atau karena asam lambung yang terlalu banyak sehingga merusak dinding lambung.

Beberapa jenis obat memang ada yang merangsang terjadinya luka di dinding lambung, sehingga jika Anda ke dokter dengan keluhan sakit lambung, sebaiknya juga menyampaikan obat apa saja yang Anda minum sehari-hari. Jika sakit tersebut disebabkan oleh obat-obatan yang bisa menggerus dinding lambung, maka dokter biasanya akan menghentikan pemakaian obat tersebut, selain obat-obatan yang menurunkan asam lambung.

Jika penyebabnya adalah bakteri, maka dokter akan memberikan obat antibiotika kombinasi untuk menyembuhkan. Untuk sementara, Anda sendiri sebaiknya mencegah makanan-makanan yang bisa merangsang lambung, seperti yang pedas, berbumbu, atau yang asam.

 



Artikel Rekomendasi