Pecah Pembuluh Darah Mata

 

Salah satu kejadian mengejutkan yang terjadi saat melalui proses persalinan adalah pecahnya pembuluh darah di bagian mata. Saat terjadi, Anda mungkin tak akan merasakan sakit, namun hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda.

Tak hanya karena salah mengejan…
Memasuki kehamilan minggu ke 28 minggu ke atas, biasa Anda akan dianjurkan untuk mengikuti senam hamil, dengan tujuan untuk berlatih cara mengejan dan bernapas yang benar saat proses persalinnan nanti. Latihan ini perlu dilakukan untuk menghindari masalah yang kerap terjadi saat persalinan normal, yaitu pecahnya pembuluh darah mata. Pembuluh darah pada bola mata merupakan pembuluh darah kapiler yang sangat halus dengan diameter yang sangat kecil dan memiliki dinding yang sangat tipis. Hal ini memungkinkan untuk dialiri darah dengan volume serta tekanan yang besar. Kondisi inilah yang menyebabkan pembuluh darah pada mata mudah pecah apabila Anda salah mengejan.Selain itu, gangguan retina mata karena minus besar sebelum proses persalinan juga memperbesar risiko pecahnya pembuluh darah mata.

Mata akan berwarna merah
Seperti halnya kulit yang terluka dan mengeluarkan darah, pembuluh darah mata yang pecah juga akan mengakibatkan organ tersebut berwarna merah. Umumnya, bila pembuluh darah mata pecah, ibu tak akan merasakan sakit, namun akibatnya mata jadi berwarna merah, seakan ada bayangan merah saat Anda melihat ke depan, hal ini akan menganggu kenyamanan Anda. Namun, ada pula yang akan merasakan perih, bila pecahnya pembuluh darah disertai dengan infeksi.

Hilang dalam beberapa hari
Umumnya warna merah pada mata ini akan hilang sendiri dalam beberapa hari, kurang lebih selama 5 hari hingga 1 minggu. Dokter kandungan juga akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi pada dokter mata, untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Dokter akan memberikan obat antipendarahan yang aman untuk ibu menyusui. Di rumah, Anda bisa melakukan perawatan dengan memberikan kompres air dingin pada mata.

Hindari dengan…
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses persalinan agar pembuluh darah mata tidak pecah antara lain:

- Mengejan dengan cara yang benar dengan mata tetap terbuka saat melahirkan.
- Menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah akibat tidak kuat menahan tekanan darah yang terlalu tinggi.
- Jaga kesehatan mata selama hamil dengan tidur teratur dan menghindari menggosok mata dengan tekanan berat dulu.

(BEBBY ASTRIKA/ERN)
KONSULTASI DR. RICKY SUSANTO, M.Kes., SpOG, RS BETHSAIDA, TANGERANG.

 



Artikel Rekomendasi