Tak Perlu Takut Buang Air Besar

 

Rasa sakit akibat proses persalinan yang panjang ataupun bekas jahitan di vagina yang belum sembuh sempurna, seringkali menyebabkan para ibu yang baru melahirkan menjadi takut buang air besar.

Ibu yang baru saja melahirkan, kerap khawatir jahitan robek. Itulah alasan mereka takut buang air besar. Padahal, kedua saluran penting itu tidak saling berhubungan.

Akibat ditahan-tahan keluar, tinja pun menjadi lebih keras. Karena semakin keras, jadinya malah muncul problem baru, yaitu si ibu jadi sembelit. Tentu saja, akibat sembelit ini perut jadi terasa tidak nyaman; terasa sangat penuh, tapi untuk ke buang air besar tak juga kunjung keluar.

Sebagai jalan keluar, cobalah banyak minum cairan dan makan makanan yang berserat, serta lakukan olahraga ringan untuk membantu proses gerakan usus. Ini artinya, buah-buahan dan sayuran berserat tinggi harus masuk dalam setiap menu Anda.

Jika hal ini tidak mempan juga, Anda bisa konsultasi ke dokter. Mungkin saja Anda akan mendapatkan bantuan obat pencahar agar proses pembuangan bisa berjalan lancar.

 



Artikel Rekomendasi