Tak Perlu Takut Merawat Bayi

 

Saat ibu hamil memikirkan bayi yang akan dilahirkan kelak, tak jarang kerap merasa ketakutan. Ini bukan ketakutan yang mengada-ada, karena memang ada sebagian ibu yang belum-belum sudah takut terhadap bayinya.

Coba periksa diri Anda lagi. Apa sumber masalah yang sebenarnya? Jangan-jangan ini karena Anda ketakutan akan kehilangan waktu untuk diri sendiri karena harus merawat bayi.

Jangan-jangan nanti nggak bisa gaul dengan teman-teman lagi? Jangan-jangan nanti kecapekan, karena bayi bangun terus waktu malam? Serta masih banyak "jangan-jangan" lainnya, yang menggambarkan kekhawatiran Anda membagi waktu dan perhatian antara mengurus bayi dan waktu untuk diri sendiri.

Solusinya mudah. Buat prioritas sesuai kebutuhan Anda. Tak bisa dihindari, pasti sebagian besar waktu Anda bakal tersita untuk bayi. Tapi, sejalan dengan bertambahnya usia bayi, ia makin tak tergantung pada Anda. Artinya, Anda bisa gaul lagi. Yang penting, nikmati saja setiap waktu bersama anak Anda, karena hal ini hanya "sebentar" dan tak akan terulang lagi.

 



Artikel Rekomendasi