Trik Menyapih Balita

 



 

Foto: shutterstock


Selamat! Anda berhasil memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun. Setelah  usia 2 tahun, saatnya balita disapih. Proses disapih bagi balita merupakan proses perpisahan dengan sumber kenyamanannya yang diperoleh dari ibu. Ini tentu saja tidak mudah, namun berbagai trik proses menyapih dapat membantu proses berjalan mulus.

1. Kurangi frekuensi menyusui

Mengurangi frekuensi menyusui akan mengurangi produksi ASI. Buat perjanjian dengan anak, bahwa ia boleh menyusu hanya pada malam hari. Tidur siang tidak menyusu, di antara waktu bermain juga tidak ada jam untuk menyusu. Jika ASI tinggal sedikit, umumnya anak pun tidak mau menyusu lagi.
 
2. Tidur terpisah
Mulailah menyiapkan tempat tidur anak di dekat tempat tidur bunda dan ayah. Jelaskan pada anak bahwa ia sudah besar, tempat tidur bunda semakin sempit. Anak besar punya tempat tidur sendiri, dan itu suatu kebanggaan. Angkat harga diri anak sebagai anak besar agar ia bangga melakukannya.  Dengan tidur sendiri, kesempatan untuk menyusu pun akan berkurang. 
 
3. Siapkan makanan atau minuman pengganti
Ketika anak haus dan minta disusui pada siang hari, alihkan dengan memberi minuman dan/atau makanan pengganti yang disukainya. Di malam hari, alihkan perhatiannya dari payudara ibu bila ia memaksa minta disusui. Ingatkan bahwa ada cerita bagus yang akan dibacakan bila dia tidak menyusu. 

4. Ajak bicara
Anak usia dua tahun sudah bisa diajak bicara. Katakan dengan penuh cinta bahwa dia siap masuk kelompok bermain, jadi sudah saatnya tidak menempel di dada ibu. Dia masih boleh berpelukan dengan bunda, meski sudah tidak menyusu lagi. 
 
5. Teguhkan hati
Jika niat sudah bulat, jangan luluh oleh rengekan anak yang terus minta ASI lagi. Anda mesti disiplin. Jangan sampai hari pertama dan kedua berhasil, di hari ketiga Anda menyerah tidak tega dan program penyapihan pun gagal. Tunjukkan pada anak, sekalipun tidak lagi mendapat ASI, tapi ia masih tetap mendapatkan kasih sayang yang besar dari ayah dan bundanya.

Hindari:
- Menyapih anak di saat sedang sakit
- Menyapih anak saat baru mendapatkan pengasuh baru

 

 



Artikel Rekomendasi