Tumbuhkan Harapan Menyusui Paska Operasi Payudara

 

Walau sebagian payudara sudah diambil dengan jalan dioperasi, Anda masih punya peluang menyusui bayi Anda.

Operasi yang dimaksud bukan operasi yang berhubungan dengan penanganan kanker payudara. Karena, bila seorang ibu didiagnosa menderita kanker menjelang kelahiran bayinya, kemungkinan besar dokter akan menyarankannya untuk tidak menyusui bayinya. Apalagi bila ia menjalani terapi pengobatan kanker.

Jadi, yang dimaksud dengan operasi dalam bahasan ini adalah pengangkatan tumor jinak pada payudara, dan alasan kosmetika seperti pengecilan ukuran payudara (reduction mammoplasty ) atau pembesaran payudara.

Tergantung jenis operasi. Banyak alasan yang digunakan oleh mereka yang melakukan operasi payudara. Namun, apa pun alasannya, satu hal yang perlu diingat adalah, operasi yang dilakukan dapat mempengaruhi produksi ASI. Umumnya, ibu yang pernah mengalami operasi payudara, tidak dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Saat ini dikenal beberapa jenis atau teknik operasi payudara. Sebagian di antaranya memungkinkan tetap berlangsungnya kegiatan laktasi, karena saluran air susu, saraf, areola (daerah kehitaman pada payudara) dan puting dipertahankan tetap ada dan dapat menjalankan fungsinya. Salah satu teknik operasi payudara yang seperti itu dan sering dilakukan adalah inferior pedicle technique .

Dalam suatu penelitian di bidang Bedah Plastik Rekonstruksi yang dilakukan oleh Harris , Morris dan Freiberg pada beberapa waktu silam di Amerika sebanyak 68 pasien diamati setelah dilakukan operasi payudara menggunakan pedicle technique . Dari jumlah tersebut, 20 orang hamil dan semua dapat memproduksi ASI.

Sehubungan dengan hal itu, bila Anda, karena satu dan lain hal, akan menjalani operasi payudara, sebaiknya cari dulu informasi sebanyak mungkin. Misalnya saja, cari tahu dokter mana yang menguasai teknik operasi payudara yang seminimal mungkin mempengaruhi kemampuan payudara memproduksi ASI. Dengan demikian, peluang Anda untuk sukses menyusui lebih besar.

Gunakan alat bantu. Setelah menjalani operasi payudara, kemampuan payudara Anda dalam memproduksi ASI mungkin tidak seperti yang Anda harapkan. Berkonsultasi dengan seorang konsultan laktasi akan membantu Anda mengatasi masalah yang timbul, seperti payudara bengkak karena penuh ASI, sekaligus mengevaluasi produksi ASI Anda.

Bila diputuskan bahwa produksi ASI Anda tidak mencukupi kebutuhan bayi, Anda akan disarankan untuk menggunakan alat bantu, yaitu nursing supplementers (lact-aids) . Alat ini berupa kantung atau botol terbuat dari plastik yang dikaitkan pada BH atau digantungkan pada leher ibu.

Di dalam kantung atau botol tersebut dimasukkan ASI atau susu formula, yang akan dialirkan melalui selang kecil ke dalam mulut bayi. Baik selang maupun puting susu, keduanya berada dalam mulut bayi. Dengan cara ini, selain bayi dapat menerima makanan tambahan, payudara pun mendapat rangsangan untuk memproduksi ASI.

Upaya ini memang tidak mudah. Namun, bila Anda sabar, percaya diri, dan tidak berharap terlalu besar, maka Anda akan merasa puas dan bangga dengan hasil yang Anda peroleh. Jadi, walau tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya, setidaknya bayi Anda telah mendapat ASI yang menjadi haknya.

 



Artikel Rekomendasi