Ibu Baru, Meniru Ayah

 

Atasi stres ibu baru dengan meniru apa yang dilakukan dan dipikirkan para ayah. Lebih santai, lebih rasional dan praktis, itulah sifat ayah yang bisa ditiru para ibu baru.

Jadi ibu memang membahagiakan, sekaligus melelahkan. Untuk menghindari stres yang bisa terjadi pada ibu baru, coba amati gaya para ayah menjalankan perannya.
  • Fleksibel tapi rasional. Bagi sebagian besar ibu, disiplin dan rutinitas tak boleh dilanggar. Buat ayah, sesekali nonton acara favorit sebelum melanjutkan rutinitas bukan masalah besar. Bisa dipastikan pula, para ayah akan mengambil keputusan rasional secara cepat. Cobalah untuk bersikap lebih fleksibel, namun tetap disiplin pada tempatnya, seperti yang dilakukan para ayah.
  • Praktis dan fungsional. Para bunda biasanya lebih perfeksionis dalam melakukan pekerjaannya di rumah maupun di kantor. Prinsip ayah yang berpikir praktis, fungsional, kontekstual, dan rasional, ini bisa ditiru. Maafkanlah diri sendiri jika melakukan kesalahan, lalu lihat permasalahan dengan lebih jernih kemudian perbaiki.
  • Nikmati hidup. Pada dasarnya para ayah berprinsip, apabila ada waktu untuk istirahat dan semua urusan sudah beres, sebaiknya tidur untuk 'mengisi batere'. Cobalah beristirahat sambil mendengarkan musik favorit dan nikmati camilan atau minum teh herbal, atau makanan favorit Anda lainnya.
  • Kemewahan diri. Ayah suka menghadiahi diri sendiri dengan berbagai 'kemewahan' kecil, seperti menikmati mandi pagi, bertemu teman-teman lama, membeli barang favorit, dan sebagainya. Cara ini bisa Anda tiru. Anda bisa sekali-kali menghabiskan waktu bersama teman lama, pergi ke salon, mendengarkan lagu-lagu favorit, membeli pakaian atau tas baru, dan sebagainya.

Meski ayah tampak seperti tak peduli dan suka membuat ibu geleng-geleng kepala, kehadirannya sangatlah penting. Ia penting bukan hanya sebagai asisten ibu yang andal, tetapi juga sumber inspirasi menjalani peran sebagai ibu. 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kebingungan Ibu Baru

Ibu baru menghadapi banyak hal baru. Banyak keputusan harus dibuat berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan bayi. ... read more