Ibu dan Bayi di 6 Minggu Pertama

 

Semenjak bayi dibawa pulang,  bab baru  kehidupan ibu dan bayinya dimulai. Seluruh aktivitas Anda sehari-hari berubah total. Akan terjadi kepanikan dan kebingungan, itu wajar. Yang penting  jalani saja peran baru Anda sebagai  ibu sambil mengamati dan mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada diri Anda sendiri dan juga bayi selama 6 minggu pertama. Naluri Anda sebagai ibu akan membimbing dan membentuk Anda menjadi ibu yang terbaik bagi bayi Anda!
  • Minggu 1. Hari-hari Anda  belajar beradaptasi dengan rutinitas baru bersama bayi. Memang tidak mudah dan tak jarang membuat Anda  menangis karena  berbagai perasaan  berkecamuk  saat Anda dilanda baby blues.
  • Minggu 2. Saatnya untuk meluangkan waktu dan perhatian untuk diri sendiri. Delegasikan semua urusan rumah tangga agar kelelahan setelah menjalani persalinan tidak berkepanjangan sehingga tubuh Anda dapat pulih kembali.
  • Minggu 3. Bayi Anda akan mengenali bau tubuh Anda dan itu membuatnya merasa aman, nyaman, dan membuatnya tenang.
  • Minggu 4. Ini saatnya Anda mulai  membawa bayi Anda jalan-jalan ke luar rumah, misalnya untuk menjemurnya di bawah matahari pagi antara pukul 7-8. Anda juga dapat membawanya ke dokter anak untuk melakukan pemeriksaan rutin dan memantau proses tumbuh-kembang yang telah dicapainya, serta memenuhi pemberian vaksin  wajib sesuai jadwal.
  • Minggu 5. Bayi Anda sudah mulai dapat diajak bermain! Coba lakukan pijat dan senam bayi bersama.  
  • Minggu 6. Kehadiran bayi di tengah Anda dan pasangan, sudah tidak lagi menyita seluruh waktu dan perhatian Anda, sehingga Anda kembali memiliki waktu untuk diri sendiri serta pasangan. (me)





 



Artikel Rekomendasi