Tak Usah Merasa Bersalah Jika Caesar

 

Pasca melahirkan secara caesar, rasa bersalah bisa saja timbul karena Anda termakan mitos yaitu hanya ibu yang melahirkan secara alamiah yang berhak menyandang predikat ibu sejati. Karena perjuangannya lebih besar dibanding bersalin secara Caesar.

Keyakinan pada mitos itu, diperkuat dengan adanya isu bahwa bayi-bayi yang dilahirkan secara alamiah, memiliki bonding lebih kuat dengan ibu. Bayi yang dilahirkan per vagina juga memiliki daya tahan tubuh lebih baik, sebab saat melewati jalan lahir, ia terkontaminasi bakteri baik, yang akan menjaga keseimbangan flora di ususnya. Usir rasa bersalah itu dengan:
  • Camkan ini: predikat ibu sejati tidak ditentukan lewat cara bersalin, namun merupakan hak prerogatif semua ibu yang hamil dan melahirkan bayinya dengan selamat ke dunia.
  • Jika persalinan per vagina tidak dapat dilakukan berdasarkan indikasi medis, maka operasi Caesar adalah pilihan yang tepat, bijak dan aman.
  • Bonding antara ibu dan anak tidak ditentukan lewat cara persalinan, namun merupakan hasil dari proses mendekatkan diri satu sama lain.
  • Point yang menyebutkan, bayi yang lahir secara alamiah memiliki daya tahan tubuh lebih baik, ada benarnya. Namun bukan berarti tidak ada harapan untuk Si Bayi Caesar. Anda dapat membangun imunitasnya  melalui pemberian ASI Eksklusif dan imunisasi lengkap serta tepat waktu.
Baca juga;

 



Artikel Rekomendasi