ASI Bisa Menyebabkan Alergi?

 

Tanya: Apakah ASI bisa menyebabkan bayi alergi? Punggung bayi saya (3 bulan) ada bintik-bintik merah. Kata dokter, itu alergi yang dipicu ASI akibat istri saya minum susu formula.  

Jawab:  ASI sebenarnya tidak menyebabkan alergi pada bayi, bahkan ASI merupakan salah satu cara melindungi bayi dari risiko alergi. Namun, beberapa makanan hiperalergenik (makanan yang dapat mencetuskan alergi) yang dikonsumsi ibu dapat terdeteksi dalam ASI sehingga secara tidak langsung menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Contoh makanan hiperalergenik antara lain susu sapi, telur, makanan laut (ikan, udang dan lain-lain), dan kacang tanah. Tapi istri Anda tidak perlu pantang semua makanan tersebut.

Pertama, pastikan keluhan bintik-bintik merah di punggung bayi Anda adalah reaksi alergi akibat makanan. Kemudian, kenali pencetus keluhan alerginya, misalnya apakah bila istri Anda mengonsumsi makanan yang dicurigai sebagai penyebab alergi –dalam kasus istri Anda adalah susu– dan keluhan bayi bertambah berat atau tidak. Bila sudah mengetahui makanan penyebab alergi tersebut, istri Anda hanya perlu  pantang satu jenis makanan tadi dan dapat terus memberikan ASI kepada bayi Anda.

dr. Dina Muktiarti, SpA

 



Artikel Rekomendasi