Ibu Dengan Hepatitis B Bisa Menyusui, Ini Kata Dokter

 























Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) dapat ditularka lewat darah, air mani atau cairan tubuh lainnya dari yang terinfeksi. Ibu dengan hepatitis B dapat menginfeksi bayinya dengan virus saat melahirkan. 
Ibu menderita Hepatitis B, apakah  masih bisa menyusui  secara eksklusif?


"Menurut pernyataan resmi dari WHO, ibu yang menderita penyakit hepatitis B masih boleh tetap menyusui. Sebelum proses menyusui dimulai, berikan vaksin hepatitis B pada bayi begitu ia lahir (dalam 24 jam pertama) yang kemudian dilanjutkan yang ke 2 dan ke 3 sesuai dengan jadwal imunisasi. Selain itu,  Anda juga bisa menambah memberikan HbIG –Hepatitis B imunoglobulin. Setelah itu, lakukan inisiasi menyusui dini dan menyusui seperti biasa. Saat bayi memasuki usia 9-18 bulan, lakukan pemeriksaan laboratorium
berupa HbsAg dan AntiHBs pada bayi dan ibu. Untuk mencegah penularan saat proses menyusui sudah berjalan, lakukan pencegahan terjadinya luka pada puting dengan cara melakukan cara menyusui dengan posisi yang benar dan pelekatan mulut bayi yang benar. Anda bisa mengikuti bimbingan atau konseling ASI untuk mengetahui secara lebih pasti." Demikian penjelasan  dr I GUSTI AYU NYOMAN PARTIWI, SpA, MARS, dokter spesialis anak, Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta.



 

 



Artikel Rekomendasi