Janin Meninggal Jelang Persalinan

 

Tanya: Apa penyebab janin saya meninggal  menjelang persalinan? Perlukah otopsi?

Jawab: Penyebab kematian janin menjelang persalinan dapat dilihat dari sisi janin, ibu dan sistem penunjang kehidupan janin di rahim (plasenta dan tali pusat). Perlu juga dicermati apakah akibat dari proses yang sudah berlangsung lama (kronik) atau baru saja terjadi (akut)? Jika kronik, biasanya terlihat dari perkembangan janin yang tidak normal. Dari sisi janin, apakah ada kelainan bawaan fatal, misal kelainan kromosom atau genetikan? Amati penampilan janin, apakah ada kelainan bawaan, di kepala atau perut? Dari sisi seperti plasenta, apakah ada kelainan pada penampakan tali pusat dan plasenta sehingga menganggu suplai bahan makanan dari ibu ke janin?

Apakah ibu memiliki kelainan medis yang mempengaruhi janin, seperti diabetes, hipertensi, penyakit kelainan darah, dan lainnya. Ibu dengan riwayat kehamilan buruk atau kematian bayi berturut-turut (Recurrent Pregnancy Loss) juga beresiko.
Jika ingin mengetahui penyebab pasti kematian janin, lakukan eksplorasi memadai agar kehamilan selanjutnya ditanggulangi dengan baik.

dr. Kanadi Sumapraja, SpOG

 



Artikel Rekomendasi