Lima Bulan Absen Haid

 

Tanya: Lima bulan lalu saya melahirkan, dan bayi saya susui eksklusif. Yang saya khawatirkan, sampai sekarang saya belum juga haid. Saya sudah tes urine, hasilnya negatif. Bahkan, sebulan lalu saya juga sudah pasang KB spiral agar dapat haid lagi dan lancar seperti biasa, tapi belum juga haid. Kapan saya bisa haid lagi?

Jawab:
Pada ibu yang memberi ASI eksklusif (hanya ASI) pada bayinya, hormon prolaktin yang merangsang produki ASI akan menekan hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan oleh kelenjar ovarium (kelenjar telur).  Bila hormon estrogen dan progesteron yang mengatur haid ini berkurang atau tidak ada, maka si ibu juga tidak mendapat haid. Inilah yang disebut sebagai laktasi amenorea. 

Jadi, selama Anda masih menyusui eksklusif, maka kemungkinan besar haid tetap tidak akan keluar. Anda tak perlu mengkhawatirkan hal ini. Susui terus bayi Anda secaran eksklusif hingga 6 bulan, karena ASI adalah makanan dan minuman terbaik buatnya.

Haid  akan lancar kembali kelak bila masa ASI eksklusif sudah selesai, yakni setelah bayi Anda perlu makanan pendamping ASI di usianya 6 bulan.  Obat-obatan juga dapat diberikan agar Anda mendapat haid, namun tidak akan senormal bila kelak sudah berhenti menyusui eksklusif. Agar lebih jelas, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter Anda.
 

 



Artikel Rekomendasi