Nyeri Perut Pascamelahirkan Caesar

 

Tanya: Setelah melahirkan secara Caesar 8 bulan lalu, setiap haid perut saya terasa kram seperti saat gadis dulu. Apakah ini akibat operasi Caesar?

Jawab: Nyeri haid atau dismenore, salah satunya ditandai dengan gejala kram perut, belum pernah dikaitkan dengan operasi Caesar yang pernah dijalani seorang wanita. Secara teori, setelah 40 hari pascabersalin, baik per vagina maupun operasi Caesar, organ-organ tubuh sudah kembali normal seperti sebelum hamil.

Nyeri haid yang Anda rasakan dapat disebabkan ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh maupun penyakit seperti radang panggul atau endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus, atau bisa juga faktor psikilogis.

Saya anjurkan untuk menempuh cara-cara mengurangi rasa nyeri haid seperti melakukan relaksasi, mengompres bagian yang nyeri dengan kompres panas, cukup tidur dan istirahat, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak seperti minyak ikan dan kacang–kacangan serta vitamin B kompleks, dan minum air putih dalam jumlah cukup. Bila sakit tak tertahankan, periksakan ke dokter.

dr. Kanadi Sumapraja, SpOG, MSc.

 

 



Artikel Rekomendasi