Sterilisasi Setelah Operasi Caesar

 

Tanya: Bisakah sterilisasi dilakukan saat operasi Caesar? Saya (hamil 4 bulan) ingin disteril bila kelahiran anak ke-3 kelak lewat operasi lagi. Bagaimana prosesnya, apakah tidak terlalu dini untuk usia 42 tahun?  

Jawab: Steril bisa, bahkan lebih mudah, bila dilakukan saat operasi Caesar. Setelah melahirkan bayi dan menjahit sayatan pada rahim, dokter akan melakukan prosedur steril pada kedua saluran telur (tuba falopii), dengan cara mengikat dan/atau memotongnya, sehingga saluran telur tersebut menjadi buntu. Keadaan itu membuat sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma, sehingga tidak terjadi pembuahan atau fertilisasi.

Steril dapat dilakukan pada usia berapa pun, sepanjang wanita dan pasangannya sudah yakin, dan merasa cukup untuk tidak memiliki keturunan lagi. Umumnya ditawarkan sebagai metode kontrasepsi pada wanita di atas usia 35 tahun yang sudah memiliki lebih dari 2 anak hidup.

Sterilisasi adalah metode kontrasepsi mantap yang bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, perlu pertimbangan matang untuk melakukannya, karena tidak reversibel atau kesuburan tidak bisa dikembalikan lagi, mengingat sulit untuk melakukan rekonstruksi saluran telur pascasterilisasi.

dr. Sofani Munzila, SpOG


 



Artikel Rekomendasi

post4

Sesar Sekaligus Steril

Saya akan melahirkan secara sesar dan ingin sekaligus disteril. Apa persiapan dan prosedur yang harus saya dilakukan?... read more

post4

Sebulan Bisa Haid 2 Kali

Setelah masa nifas selesai, saya pakai IUD. Setelah itu, haid saya sebulan bisa 2 kali dan saya merasakan sakit yang luar biasa setiap kali berhubungan intim. Mengapa hal itu bisa terjadi?... read more