Tanya-Jawab: Nyeri Akibat Varises Vagina

 

Tanya: Saya 22 tahun, baru melahirkan anak pertama sekitar 5 bulan lalu. Sebelum bayi keluar dari rahim, saya merasakan ada sesuatu yang membentang panjang di rahim kiri, dan terasa sakit sekali. Seminggu setelah bayi lahir, rasa sakit itu makin kuat.

Saya sudah memeriksakan diri ke 2 bidan yang berbeda. Bidan pertama mengatakan bahwa ada infeksi rahim, bidan kedua mengatakan ada varises vagina yang akan sembuh sendiri. Tapi, mengapa sudah 5 bulan masih sering terasa sakit, terutama setelah berhubungan intim dengan suami. Apa sebenarnya varises vagina itu?
 
Jawab:

Mengenai varises vagina, pada dasarnya varises adalah pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) yang ada di berbagai bagian tubuh, termasuk di vagina. Penyebab pelebaran ini beragam. Bisa karena adanya pembendungan pembuluh darah, bisa juga karena klep-nya sendiri yang lemah. Sedangkan pada orang hamil, varises vagina lebih disebabkan oleh faktor hormonal.

Mengenai sakit di perut bawah kiri yang Anda rasakan, harus diperiksa dokter agar dapat diketahui kelainan apa yang terjadi. Bila sudah diketahui penyebab atau masalahnya, maka pengobatannya akan lebih terarah dan bisa tuntas. Oleh karena itu, periksakan segera ke dokter ahli kandungan di kota Anda. Untuk sementara, obat-obat penghilang rasa sakit tentu saja boleh digunakan.
 

 



Artikel Rekomendasi