Vagina Keluar Darah Saat Hubungan Intim

 

Tanya: Setelah seminggu selesai nifas, saat berhubungan intim vagina saya mengeluarkan bercak kecokelatan. Apakah saya mengalami perdarahan dan berbahayakah?

Jawab: Keluarnya darah dari vagina saat berhubungan intim dapat disebabkan beberapa hal. Salah satunya terjadi karena luka pada dinding vagina atau mulut rahim, akibat gesekan yang terlalu kuat, sehingga dinding vagina teriritasi. Jika itu penyebabnya, dapat disiasati dengan penggunaan pelumas atau foreplay lebih lama, agar terjadi lubrikasi vagina yang cukup.

Penyebab lainnya pada Anda mungkin berhubungan dengan masa nifas atau pascapersalinan. Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah persalinan, namun 13% perempuan mengalaminya hingga 60 hari. Berakhirnya nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan dari vagina yang terjadi dalam 4 tahap, yaitu tahap lokia rubra (warna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta) sekitar 1 minggu, lokia sanguelenta (warna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu, lokia serosa (warna kekuningan) selama 2 minggu, dan lokia alba (warna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu.

Coba cermati apakah perdarahan berlanjut terus tanpa atau pada saat berhubungan intim. Bila ya, periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan solusinya.

dr. Ali Sungkar, SpOG


 



Artikel Rekomendasi