Cekal Alergi

 

Serangan alergi dari makanan atau lingkungan mnghambat kelancaran menyusui. Bayangkan saja, mana enak menyusui sembari sesak napas atau wajah biduran? Yuk, cegah dan tangkal serangan alergi!
  • Tingkatkan daya tahan tubuh, cukup tidur dan istirahat, konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan seimbang, konsumsi suplemen (di antranya antioksidan) untuk menjamin kecukupan zat gizi dan cukup minum.
  • Patuhi aturan diet alergi Anda. Awasi makanan, minuman atau obat yang menimbulkan reaksi alergi, khususnya makanan kemasan atau yang bahannya tercampur. Misal, bahan makanan albumin artinya telur, stabilizer biasanya mengandung susu.
  • Jaga kebersihan rumah, jangan menumpuk barang karena bisa menjadi sarang debu, jangan pelihara binatang atau meletakkan kandangnya di sekitar rumah, tidak pasang karpet atau menggunakan pewangi uangan atau obat nyamuk (ganti dengan kelambu atau tumbuhan anti nyamuk). Gunakan kasur dan bantal busa, bukan kapuk. Gunakan sprei katun dan cuci seminggu sekali dengan air hangat. Suhu pendingin udara tidak terlalu dingin.
  • Jaga kebersihan diri, mandi air hangat, mandi sotre sebelum pukul 17.00 (sebelum udara dingin dan lembab), gunakan sabun, shampoo dna kosmetika berbahan lembut. Hindari pakaian dari bahan wol, pilih katun.
  • Minum obat anti-alergi jika terserang. Konsultasi dengan dokter agar obat tidak mempengaruhi ASI atau mencetus kantuk berlebihan.
  • Bila serangan alergi terlalu sering sampai Anda marasa kualitas hidup menurun, konsultasi ke dokter spesialis alergi untuk mendapat perawatan khusus.
Baca:
 
 
 
 

 



Artikel Rekomendasi