Latihan Membantu Persalinan

 

Posisi tertentu selama proses melahirkan dapat meringankan rasa sakit, bahkan mempercepat persalinan. Siap-siaplah mempelajari aneka posisi ini sebelum hari H persalinan. Ajak suami agar lebih nyaman dan mesra!

Sesuai hukum gravitasi, posisi tubuh ibu hamil yang tegak dapat mempercepat waktu persalinan, baik saat berjalan, duduk atau berlutut. Bila bagian pinggul ikut digerakkan, bisa membantu kepala janin berpindah ke jalan lahir.


Tahapan persalinan:

Kala (Tahap) I
Aktif. Leher rahim terbuka hingga 8 cm. Sering terjadi kontraksi yang bisa berlangsung hingga 90 detik.
Transisi. Dimulai ketika leher rahim terbuka 8 cm. kontraksi mulai berkurang tetapi akan terasa lebih kuat.
Kala II: Persalinan. Dimulai ketika leher rahim terbuka sepenuhnya dan berakhir sampai bayi Anda lahir.

Manfaat latihan:
  • Dansa yuk Dansa: Gerakan pinggul secara ritmik akan membantu mengurangi rasa sakit, mempercepat Kala I serta mendorong janin bergerak mendekatai tulang panggul. Posisi ini juga membuat hati Anda bahagia karena memberikan intimasi dengan pasangan, selain pasangan ikut membantu menopang berat badan Anda.
  • Becak-becakan: Gerakan mengayun akan menenangkan dan membuat Anda fokus. Anda akan tenang selam tahap transisi. Tahap ini bisa jadi tahap yang paling mengejutkan bagi para pasangan, karena calon ibu bisa  berubah jadi uring-uringan dan tak tahu apa yang ia lakukan atau inginkan. Di sinilah pentingnya pengertian suami.
  • Tahan aku sayang: Posisi ini dikenal juga dengan nama menopang jongkok. Pasangan akan segera menopang tubuh Anda yang tergantung hingga rasa sakit ketika kontraksi menghilang, Anda pun bisa beristirahat di pangkuannya. Gerakan ini juga membuat tubuh Anda berada di posisi maksimum untuk mendorong dan membuka tulang panggul.
  • Peluk mesra: Berlutut akan menghilangkan tegang ada daerah kaki ibu hamil. Manfaat lain, pasangan juga bisa membantu meredakan nyeri di punggung dengan memijat punggung atau bahu Anda.
  • Bersandarlah padaku: Posisi untuk melenturkan otot-otot dasar panggul dan makin membuka jalan lahir, sehingga proses persalinan dapat dipercepat.
  • Pijat nikmat: Posisi ini sangat berguna saat kontraksi mulai terasa kuat dan sering datang, yakni memperlambat proses persalinan. Posisi bokong saat berada di atasa akan membuat tekanan di daerah panggul berkurang dan memberi waktu bagi vagina untuk meregang. Meski kontraksi sudah muncul, namun Anda belum diperbolehkan untuk mendorong. (me)
 



 



Artikel Rekomendasi