Mengatasi Puting Datar

 

Bagi Ibu yang memiliki puting datar atau melesak ke dalam proses menyusui bisa jadi sebuah tantangan besar. Bagaimana mengatasinya?

Puting datar terjadi akibat pelekatan yang menyebabkan saluran susu lebih pendek ketimbang biasanya. Sebagai tambahan, ia pun menarik puting susu ke dalam (tied nipples). Kondisi ini biasanya merupakan bawaan lahir tapi bisa pula terjadi saat pubertas. Bila dibiarkan tanpa penanganan, puting susu datar memang akan menyulitkan proses menyusui kelak. Terutama bila mulut bayi gagal "menangkap" puting susu ibu dengan baik dan benar.

Jika merasa puting Anda datar, coba beberapa cara berikut untuk mengatasinya. Ingatlah, selalu lakukan penanganan puting datar di bawah pengawasan dokter atau ahli laktasi.
  • Tekan bagian belakang daerah aerola dengan ibu jari dan telunjuk, sehingga kedua jari membentuk bulatan. Tekan hingga puting susu keluar dan tahan keadaan ini selama beberapa menit. Anda bisa melakukan hal ini 2 kali sehari
  • Setiap kali akan menyusui, Anda bisa merendam dulu puting susu Anda ke dalam air hangat yang berada di dalam suatu wadah sambil secara perlahan-lahan menarik-narik puting ke arah luar.
  • Gunakan breast shields. Alat ini mampu membantu menyiapkan puting ibu untuk menyusui. Tekanan yang konstan pada aerola menyebabkan alat bantu menyusui ini akan membantu puting susu menonjol keluar. Lama kelamaan, puting susu akan "terlatih" untuk tetap menonjol ke luar. Breast shields dapat dipakai dari bulan ke 4 sampai ke 7 kehamilan. Sebaiknya Anda memakai BH dengan cup (mangkuk) yang nyaman dan cukup besar, sehingga mampu menyangga breast shields yang digunakan. Awalnya, gunakan breast shields selama beberapa jam setiap harinya. Selanjutnya, secara bertahap tambahkan waktu pemakaiannya.
  • Masih ada perdebatan soal penggunaan nipple shields bagi ibu menyusui berputing datar. Nipple shield biasanya terbuat dari silikon atau lateks. Dipasang di atas puting payudara Anda setiap kali menyusui. Namun, penggunaan nipple shields bisa menyebabkan jumlah ASI yang diminum bayi berkurang 22-58%, tergantung dari jenis nipple shields yang digunakan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli laktasi, apakah Anda benar-benar perlu menggunakannya atau tidak.
    

 



Artikel Rekomendasi