Pola Makan Melangsingkan

 

Buat bunda setelah melahirkan,  gunakan pola makan ini untuk membantu kembali langsing. Pola makan sehat yang Anda tetapkan pada enam bulan pertama setelah melahirkan dapat menjadi pondasi bagi kehidupan Anda dan bayi, terutama jika Anda menyusui.
  • Cari tahu kebutuhan gizi. Langkah pertama, Anda harus tahu berapa kebutuhan kalori dalam sehari. Kebutuhan kalori tergantung pada usia dan aktivitas.
  • Terapkan 3J. Terapkan rumus sederhana, tepat jumlah, tepat jam dan tepat jenis (3J) untuk pola makan sehat sehari-hari. Tepat jumlah artinya makanlah sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan kalori ibu menyusui lebih banyak ketimbang ibu yang tidak menyusui. Tepat jam artinya makan  sesuai  jam makan, yaitu 3xmakan utama tambah snack di antara jam makan. Tepat jenis artinya makanan mengandung gizi untuk proses pemulihan paska melahirkan dan menyusui. Seperti daging, ayam, nasi, kentang, tempe, tahu, sayur dan buah.
  • Sediakan makanan cepat saji yang sehat. Selalu sediakan makanan yang bisa disimpan dalam lemari pendingin dan cepat dikonsumsi seperti: Yogurt rendah atau tanpa lemak, buah, salad sayur atau buah, puding buah, sereal dengan susu rendah lemak, roti tawar dengan selai buah. Anda pun akan terhindar dari makanan ringan yang tinggi gula dan garam namun rendah serat.
  • Makan sedikit tapi sering. Ibu baru disarankan makan 3 kali sehari ditambah dengan 2-3 tiga kali camilan sehat per hari.
  • Hati-hati dengan ukuran porsi makan. Jika Anda memilih untuk membeli makanan, hati-hatilah dengan porsinya. Bijaksanalah ketika Anda memesan makanan. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh, bukan karena merasa dirugikan ketika mendapatkan porsi yang normal.
  • Jauhi diet ketat! Mengurangi kebutuhan kalori dengan drastis untuk menurunkan berat badan dengan cepat merupakan cara yang tidak disarankan oleh para ahli gizi. Selain menurunkan kadar gula dalam darah, tubuh masih membutuhkan kalori untuk metabolisme dan beraktivitas. Jika Anda berniat untuk menjalani diet, konsultasikan pada ahli gizi atau dokter gizi, terutama jika Anda menyusui.
  • Perhatikan apa yang tubuh Anda katakan.
  1. Apakah saya lapar? Jika memang lapar, makanlah. Namun jika Anda tidak merasa lapar, jawabannya bukan makan, tapi istirahat, menelepon teman, jalan-jalan ke luar rumah atau bermain atau senam bersama bayi.
  2. Bolehkah saya makan? Saat ingin es krim cokelat, Anda bisa saja makan dalam porsi besar. Namun, sebaiknya Anda pilih makan makanan sehat lebih dulu ketimbang porsi besar es krim cokelat. Cobalah makan yogurt dulu, setelah itu makan es krim dengan porsi lebih sedikit.
  3. Apakah saya sudah cukup kenyang? Jika jawabannya ya, maka berhentilah makan. Cobalah berhenti sejenak setiap gigitan ke 5 atau ke 10. Jika Anda merasa cukup kenyang dan perut terasa penuh maka berhentilah makan. (me)
Baca juga:
Panduan Olahraga Setelah Persalinan
Berlatih Gerakan Belly Dance

 



Artikel Rekomendasi