Tetap Aktif Bergerak Dengan Senam Nifas

 

Tetaplah aktif bergerak semampu Anda, misalnya berjalan-jalan di dalam kamar atau sekitar rumah. Bahkan, mereka yang menjalani operasi Caesar dianjurkan turun dari tempat tidur 24 jam setelah melahirkan. Aktivitas ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan pengeluaran cairan lokia. Lokia terdiri dari sisa selaput ketuban, dinding selaput rahim, darah sisa melahirkan, dan lemak dari tubuh bayi.

Anda dapat melakukan senam nifas yang bermanfaat mengendurkan otot-otot panggul. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan sebelum berlatih.
  • Berdiri dengan kedua tungkai kaki dirapatkan. Kencangkan otot-otot bokong dan panggul. Tahan sampai hitungan ke-5. kendurkan dan ulangi sebanyak 5 kali.
  • Tidur terlentang dengan kedua tangan di samping dan kaki lurus. Tarik otot perut ke dalam saat Anda menarik napas. Kemudian, angkat dagu ke arah dada, tahan sampai hitungan ke-5. kendurkan dan ulangi sebanyak 10 kali.
  • Tidur terlentang dengan kedua tangan di samping dan kaki lurus. Tekuk kedua kaki, dan perlahan-lahan angkat panggul ke atas. Ketika bokong berada di atas permukaan, kencangkan otot bokong, tahan sampai hitungan ke-5. kendurkan dan ulangi sebanyak 5 kali.
“Puasa” berhubungan seks. Pada masa nifas, suami istri dilarang melakukan hubungan intim karena tubuh istri sedang mengalami proses pemulihan, antara lain vagina masih mengeluarkan  cairan lokia. Selain itu, mungkin ada di antara Anda yang masih merasakan nyeri akibat jahitan episiotomi atau jahitan bekas operasi caeasar. Tunggu sampai istri kembali stabil. Saat masa nifas usia Anda siap menjalankan hubungan suami siteri kembali.

Aman Melewati Masa Nifas 
Menyusui Di Masa Nifas.

 



Artikel Rekomendasi