Tips Atasi Selulit Paska Kelahiran

 

Paska melahirkan, selulit yang timbul saat hamil biasanya masih tersisa. Masalahnya, bentuknya yang mirip kulit jeruk menjadi momok yang menakutkan. Bisakah diatasi?

Usai persalinan, biasanya tubuh Anda tidak secara otomatis kembali ke bentuk semula. Butuh beberapa waktu lamanya dan itupun terjadi secara bertahap. Nah, timbunan lemak yang masih tertinggal di beberapa bagian tubuh Anda tidak serta merta akan hilang, bahkan di situlah selulit biasanya timbul.

Tips mengatasi. Selulit merupakan penumpukan sel-sel lemak pada jaringan kulit yang berlebihan, sehingga permukaan kulit tampak tidak rata seperti kulit jeruk. Dan, nggak susah untuk mengetahui apakah Anda punya selulit atau tidak. Jika kulit paha atau pinggul Anda ditekan dengan jari-jari tangan, akan terlihat garis atau guratan-guratan putih mirip kulit jeruk. Berikut tips menghilangkan selulit paska melahirkan.
  • Rajin berolahraga. Selain membuat seluruh otot tubuh jadi kencang, tubuh pun sehat dan bugar. Bukan cuma itu. Postur tubuh Anda juga jadi lebih baik. Pilih jenis olahraga yang dapat langsung membakar lemak di bagian tubuh dimana si kulit jeruk itu berada. Misalnya, senam, berenang atau bersepeda.
    Biasanya sih, Anda sudah boleh berolahraga kira-kira 40 hari setelah melahirkan. Namun, kalau Anda melahirkan via operasi caesar, Anda baru boleh berolahraga sekitar 3 bulan setelah persalinan. Namun, kalau Anda masih ragu, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter Anda.
  • Makan selalu bergizi seimbang. Walau Anda ingin tubuh langsing kembali seperti sebelum hamil, Anda kan harus menyusui bayi. Jadi, Anda masih memerlukan zat-zat gizi yang prima. Apalagi, kebutuhan zat-zat gizi saat menyusui lebih banyak ketimbang waktu hamil.
  • Pijat plus aromaterapi. Selain nikmat, ternyata pijat dapat membantu mengurangi selulit. Memang, pijat berfungsi memperlancar sirkulasi darah. Bila peredaran darah lancar, energi tubuh pun meningkat. Apa akibatnya? Akan menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh sekaligus membuat tubuh jadi rileks. Asyik kan? Agar Anda lebih rileks lagi, kombinasikan saja pijat-memijat ini dengan teknik aromaterapi. Pemijatan yang menggunakan minyak dari tumbuhan tertentu yang sudah diambil ekstraknya, seperti minyak bunga mawar atau lavender.
  • Mengoles krim atau losion. Sekarang ini, banyak dijual krim atau losion yang diakui sebagai penghilang selulit. Sah-sah saja jika Anda ingin memakainya. Kok bisa? Krim atau losion ini dipercaya dapat menghancurkan lemak, serta mengencangkan dan menghaluskan kulit. Krim dan losion ini juga mengandung pelembut, sehingga mencegah kulit jadi kering. Walau begitu, bisa saja Anda bertanya pada dokter Anda.

 



Artikel Rekomendasi