Yuk, Jadi Ayah ASI

 

Ayah  jelas tidak  bisa memberi ASI. Tapi dukungan penuh ayah pada ibu, menurut banyak survey, meningkatkan keberhasilan menyusui hingga 4 kali lebih besar! Yuk, menjadi ayah ASI dengan mulai:

1. Mencari informasi tentang ASI sebanyak dan sedetil mungkin lewat buku, seminar, sosial media, dan ahli saat mengetahui istri hamil. Hal ini akan membuat  istri bersemangat untuk memberi ASI karena Anda juga bersemangat dan siap mendukung Anda.

2. Menemani,  bahkan mengajak istri  bergabung dengan kelas menyusui. Di sini Anda berdua akan memperoleh informasi dan teman berbagi yang akan semakin memperkaya pengetahuan Anda berdua.

3. Membuat istri relaks untuk menumbukan hormon oksitosin untuk produksi ASI-nya. Hormon tersebut didapatkan jika istri bahagia. Maka, beri ia pijatan, dan memberinya kepuasan seksual.

4. Menemani istri saat ia memberi ASI sambil mengusap-usap atau mengajak ngobrol si kecil, terutama di malam hari. Ini akan membuat hubungan Anda dengan istri dan si kecil semakin erat.

5. Menjadi  ‘benteng’  untuk bertahan saat saudara atau tenaga kesehatan  meminta Anda memberi susu formula karena ASI istri belum keluar.

6. Memahami jika di awal-awal hasrat seksual istri menurun karena ia masih beradaptasi dengan kebiasaan anak.

7. Membantu menyediakan makanan dan minuman yang disukai istri, karena menyusui akan membuat istri mudah lapar dan haus.

 



Artikel Rekomendasi