Buah dan Kesehatan Gigi

 

Gigi yang sehat adalah kombinasi antara perawatan gigi dan makan yang baik. Selain perawatan gigi, makanan yang kita makan juga memegang peran penting bagi kesehatan gigi. Salah satunya adalah buah yang mengandung asam dan gula alami.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat, memang dianjurkan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta rongga mulut sejak dini. Misalnya, menyikat gigi minimal dua kali sehari, sehabis makan dan sebelum tidur. Selain itu makan buah yang mengandung asam dan gula alami juga dianjurkan untuk melindungi gigi.

Asam dalam makanan, seperti yang terkandung dalam cuka, yoghurt, dan lemon, dapat mengikis email atau lapisan keras pada gigi, secara perlahan-lahan. Lama-kelamaan, serangan asam dapat membuat gigi berlubang. Begitu juga dengan gula yang bila bercampur bakteri dalam mulut dapat menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Namun, sejak zaman purba, gigi manusia terbukti mampu melawan asam dan gula yang berasal dari buah. Apalagi, mengonsumsi banyak buah dapat menambah volume air ludah. Kondisi ini berguna untuk melindungi gigi.

Berikut tips melindungi gigi untuk balita Anda:
  • Makan maksimal enam kali sehari.
  • Biarkanlah balita Anda melakukan aktivitas ringan, seperti bermain air, sejenak setelah makan. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam dalam mulutnya.
  • Habiskan sari buah dalam kemasan botol sekali minum. Jangan biarkan balita Anda mengonsumsi sari buah yang sudah lama disimpan dalam kemasan botol. Proses kimia yang terjadi mungkin telah mengurangi kandungan nutrisi dan memicu terbentuknya zat-zat yang merugikan kesehatan gigi.
Foto/Dok.Femina Group

 



Artikel Rekomendasi

post4

Buah Pepino, Segar Kaya Manfaat

Bernama asli Solanum muricatum, berasal dari Amerika Selatan. Berkulit licin seperti terong, memiliki daging buah miri melon yang harum, tapi agak keras seperti mentimun. Boleh untuk MPASI.... read more