Aman Menggunakan Kartu Kredit

 

Dunia belanja kini memang lebih praktis jika kita rambah menggunakan uang plastik alias kartu kredit. Tetapi buat Anda yang memilih hidup dengan minim risiko membawa uang tunai atau cash memang pilihan paling ideal. Memiliki kartu kredit tak perlu menjadi momok dan membuat Anda anti kartu kredit. Asalkan displin saat memutuskan untuk menggunakannya, memiliki kartu kredit tetaplah "aman". Simak tips ber-kartu kredit berikut:
  • Hindari menggunakan kartu kredit untuk membeli barang di luar rencana. Bisa-bisa dengan cepat Anda terjerat bunga tinggi karena tak bisa mengontrol dorongan impulsif berbelanja. Sebaliknya dengan menggunakan uang cash, nafsu belanja lebih mudah di-rem apabila melihat isi dompet yang minim.
  • Anda mungkin tergiur menggunakan kartu kredit untuk makan di tempat mewah dengan iming-iming potongan harga 10 - 20 %. 
  • Pahami biaya-biaya tersembunyi saat menggunakan kartu kredit di luar negeri, seperti biaya tambahan 1 - 2% yang dikenakan untuk pembelian barang. Sebelum melakukan transaksi, ketahuilah secara detil biaya-biaya semacam ini.
  • Apabila Anda disiplin memilah dan memilih pembelian barang yang Anda lakukan menggunakan kartu kredit dan tidak, serta membayar tagihan lunas pada tanggal jatuh tempo, Anda tak perlu pusing menerima telepon tagihan yang datang bertubi-tubi.
Baca juga:
Sedikit, Tentang Si Kartu Kredit!

 

 



Artikel Rekomendasi