Ayah: Manfaat dan Tips Bercerita

Ayah tentu perlu juga memanfaat dongeng atau cerita pengantar tidur sebagai "alat" untuk mengajarkan nilai atau memberi nasehat. Apa saja manfaat bercerita?
 
•    Memberi contoh
Dengan bercerita, Anda bisa memasukkan norma dan nilai kehidupan kepada anak-anak. Contohnya : Anda bercerita tentang Popeye yang hebat karena makan bayam.

•    Memberi tantangan kepada anak
Saat mendengarkan cerita, Ia menggunakan imajinasinya dan biasanya menempatkan dirinya sebagai tokoh protagonis yang berhasil memecahkan masalah. Disitulah ia belajar bagaimana memecahkan masalah yang mungkin terjadi dalam kehidupannya.

•    Melatih komunikasi
Membacakan cerita kepada si kecil sejak ia bayi akan melatihnya cepat berkomunikasi verbal. Jadi jangan anggap tidak ada keuntungan dalam membacakan cerita.

Yang bisa ayah lakukan:
  • Sebelum pulang, browsing dongeng untuk si kecil, lalu jadikan ini bahan cerita yang Anda improvisasi dengan imajinasi Anda sendiri.
  • Sebagai "pemula", Ayah juga bisa mendengarkan cara Bunda atau ibu guru di prasekolah bercerita. Anda sendiri sah saja lho punya gaya asyik tersendiri. Si kecil takkan bisa mengalihkan perhatian jika cara mendongeng atau bercerita seru!
  • Inspirasi cerita bisa berasal dari pengalaman Anda di masa kecil saat masih balita, kisah klasik yang Anda telah kenal sejak kecil, atau film anak-anak.
     



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Mengenal Neuroblastoma   16071   
>  2 Jenis Senyum Bayi   14116   
>  Balita Hobi Tampil   10136