Cerita Ayah: Irfan Aulia

 

Sebagai Ayah yang tergolong sibuk dengan bandnya, Samson, Irfan Aulia (29) berbagi pengalamannya ketika menjadi Ayah dari Annabelle Ashadewi (9 bulan) serta tips mengatur waktu agar tetap seimbang antara keluarga dan pekerjaan.

Irfan di mata anak

Selalu berusaha memberikan yang terbaik, salah satunya dengan memberikan waktu yang berkualitas untuk Anabelle. Memang tak mudah, tapi saya berusaha menjadi ayah siaga yang dapat diandalkan.

Gaya pengasuhan Anda dalam 3 kata

Demokratis, Disiplin dan Challenging. Saya akan mendengarkan, memahami dan mendukung apa yang diinginkan Annabelle kelak. Namun, ia harus bisa bertanggung jawab atas apapun yang menjadi pilihan dan keinginannya. Untuk urusan materi, saya tidak ingin memberikan semuanya begitu saja, harus diterapkan reward dan punishment agar ia juga terpacu memberikan yang terbaik.
 
Saat sedang berdua...
Saya senang menemaninya bermain. Dengan begitu kami bisa lebih dekat dan saya juga bisa merangsang stimulasi untuk tumbuh kembangnya.

Saat rindu datang...
Saya menelepon atau mengirim pesan singkat kepada istri tercinta, Syifa Soraya. Saya meminta dikirimkan video dan foto Annabelle. Saya juga sering melakukan video call untuk melihat hal-hal yang dilakukan si kecil saat itu. Selain mengobati rasa rindu yang saya rasakan, Annabelle dan Syifa akan selalu merasakan “kehadiran” saya di tengah mereka.

Jika buah hati mengikuti jejak karir...
Saya tidak keberatan, dengan catatan bahwa dia harus bisa memberikan yang terbaik, konsisten, berkomitmen dan menerima segala konsekuensi atas pilihannya tersebut. Saya hanya memastikan bahwa apapun yang dipilih Annabelle harus memiliki manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Pengalaman terberat jadi ayah
Berat atau tidaknya menjalani peran sebagai seorang ayah sebenarnya tergantung dari persepsi individu masing-masing. Tidak ada yang berat ketika kita menjalaninya dengan ikhlas dan penuh suka-cita. Saya berani bilang bahwa menjadi seorang ayah itu sangat menyenangkan, menambah semangat dan membuat hidup menjadi lebih berwarna. I do every single “daddy things” with smile and happiness.

Paling membahagiakan saat...
Dia sehat dan ceria, apalagi ketika ia memandang saya sambil babbling seolah berusaha memanggil saya dengan sebutan papa. Memang terkesan sepele dan sederhana, namun panggilan itu membuat saya merasa dicintai dan dibutuhkan.

Harapan untuk anak
Agar dia kelak menjadi anak yang baik, mandiri, berguna dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukannya. Saya juga ingin Anabelle tumbuh sempurna dan terus sehat di dalam lingkungan yang sehat.
 
Ingin dikenang sebagai ayah yang...
Berwibawa, bukan berarti jaim -jaga image. Saya ingin menjadi ayah yang dihormati dan bukan ditakuti. Saya juga ingin memberikannya contoh disiplin, menghargai waktu dan fokus. Tentu saja saya adalah ayah yang membanjiri Annabelle dengan kasih sayang dan perhatian.

Tips untuk ayah supersibuk...
Manfaatkan setiap quality time yang dimiliki untuk selalu berkomunikasi dengan keluarga. Anak dan istri tidak hanya membutuhkan materi, tetapi juga kasih sayang dan perhatian. Perhatian, pelukan hangat, ciuman,serta kalimat ungkapan sayang dari ayah sangat berperan penting dalam tumbuh kembangnya.

 



Artikel Rekomendasi