Usir Cacar Air

 

Tiap bunda punya kiat agar anak tidak ikut tumbang di musim penyakit.  Dokter dr. ALAN TUMBELAKA, SpA(K) akan menganalisa, sudah benarkah cara Firziati Perdani (34),  Staf IT, ibu dari Farza (8) dan Fazril (4) untuk usir cacar air.

Beberapa orang tua sengaja membuat anaknya tertular cacar air agar muncul kekebalan tubuh dan anak tidak tertular cacar air lagi hingga usia dewasa. Saya tidak mau melakukan hal itu, karena menurut saya, cara melindungi anak dari cacar air adalah dengan memberinya vaksin.
Vaksin cacar air memang bukan vaksin wajib, namun setelah mengetahui informasi tentang cacar air, saya tidak menolak ketika dokter menawarkan.  Anak-anak saya mendapat vaksin cacar air di usia 3 tahun. Vaksin memang tidak menjamin 100% mereka bebas terkena cacar air, karena itu saya juga selalu menghindarikan mereka dari orang yang mengidap cacar air.
Saya juga berusaha menjaga stamina anak sehingga dia tidak mudah tertular jika ada teman sekolahnya yang terkena cacar air. Caranya mengajak anak-anak berolahraga secara teratur seperti bermain sepak bola,  bulutangkis dan bersepeda. Agar nafsu makan mereka tetap baik dan mau makan sayur, saya memberi mereka vitamin penambah nafsu makan. Kami juga minum susu setiap hari.

Kata ahli:
Pergantian musim  - dari kemarau ke hujan dan sebaliknya - berpotensi menyebabkan terjadinya wabah cacar air. Kelembaban udara yang lebih tinggi selama pergantian musim, memberi kesempatan virus berkembang biak dengan subur. Pada masa pancaroba, anak-anak lebih banyak meluangkan waktu di dalam ruangan dan bermain bersama anak lain, sehingga lebih mudah terjangkit cacar. Apalagi bila mereka belum pernah menderita cacar air  sebelumnya, atau belum mendapat vaksin cacar air.
Memisahkan penderita cacar air adalah solusi yang paling tepat untuk mencegah penyebaran karena cacar air menular lewat percikan udara dari sekresi lendir, bersin, atau kontak langsung dengan lesi (bercak merah yang berisi cairan). Saat lesi masih berisi cairan yang yang jernih adalah masa dimana cacar air paling mudah menular.
Penderita harus dikarantina hingga semua lesi berubah warna menjadi hitam dan mengering, biasanya berlangsung selama seminggu sampai 10 hari. Namun, sejak 1-2 hari sebelum lesi muncul penderita juga sudah bisa menularkan cacar air. Hal inilah yang menyebabkan sering kali kita terlambat mencegah penyebaran cacar air.
Pemberian vaksin bisa mencegah penularan cacar air hingga 70-90%. Sejak usia 12 bulan, anak sudah bisa mendapat vaksin cacar air dan bila vaksin diberikan sebelum usianya 13 tahun, dia bisa terbebas cacar air seumur hidup. Orang dewasa yang belum pernah menderita cacar air juga dianjurkan mendapat vaksin, karena biasanya bila terjangkit  cacar air di usia dewasa, komplikasi seperti infeksi sendi, infeksi hati dan infeksi ginjal, mudah timbul. Saran saya bagi Firziati, jangan hanya memberi anak suplemen penambah nafsu makan. Yang juga penting diberikan adalah suplemen penguat daya tahan tubuh anak.

Foto/Dokumentasi - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi