Amankah Tempe Transgenik?

 

Mungkin ada yang belum sadar, bahwa makanan tradisional tempe kedelai ternyata adalah salah satu produk rekayasa genetika. Hal itu jika kedelai yang digunakan adalah hasil tanaman transgenik. Amankah dikonsumsi?

Salah satu produk rekayasa genetika saat ini adalah tanaman transgenik. Tanaman ini dihasilkan dengan cara menintroduksi gen tertentu ke dalam tubuh tanaman sehingga diperoleh sifat yang diinginkan. Jenis tanaman transgenik dikenal sebagai tananaman yang tahan hama, toleran terhadap herbisida, berkualitas nutrisi lebih baik, serta produktivitasnya lebih tinggi. Tanaman transgenik diantaranya kedelai, kapas, dan jagung

Di Indonesia, hingga kini belum ada laporan ilmiah yang membuktikan adanya bahaya tanaman transgenik. Sehingga sampai saat ini tanaman transgenik masih banyak dikonsumsi. Opini yang berkembang di masyarakat bahwa bahan pangan transgenik berbahaya terutama kedelai impor, sama sekali tidak sesuai dengan fakta ilmiah dari WHO.

Sejak 1990-an, WHO sudah mengakui hasil pertanian bahan pangan transgenik di kebanyakan negara maju seperti di AS, Eropa, Jepang dan Korea selatan. Di negara-negara ini ada lembaga tersendiri yang selalu menguji kesiapan bahan transgenik sebelum dikonsumsi masyarakat. Artinya, selama belum ada larangan, boleh saja Anda mengonsumsi makanan berbahan dasar dari tanaman transgenik. (Foto/Dok.Femina Group)


 

 



Artikel Rekomendasi