Aneka Ragam Cokelat

 


Abad ke-18 di Eropa, orang eropa menambahkan gula, susu, buah dan sebagainya agar rasa cokelat jadi lebih enak. Kini, di etalase makanan, Anda bisa menemukan berbagai bentuk dan semua berlabel 'cokelat'. Tak perlu bingung, yuk kenali ragamnya.
  • Cokelat hitam (dark chocolate) yang kandungan biji cokelatnya hingga 70% dan tidak banyak mengandung gula. Jenisnya dibagi lagi berdasarkan tingkat rasa manisnya, dari sweet, semi sweet, bittersweet hingga unsweetened. Jenis ini paling baik dikonsumsi karena memiliki banyak kebaikan untuk tubuh kita.  
  • Cokelat susu, jenis cokelat yang paling banyak dikonsumsi. Campuran gula, cocoa butter, cokelat cair, susu dan vanilla. Kandungan kakaonya lebih rendah 20% dan rasanya lebih manis dibandingkan cokelat plain. Bisa langsung disantap dengan rasa yang manis dan lembut karena mengandung susu. Bukan pilihan yang baik untuk membuat kue. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, juga mudah hangus bila dilelehkan.
  • Cokelat campuran yang merupakan kombinasi cokelat dengan lemak yang berasal dari tumbuhan (lemak nabati).
  • Cokelat putih. Oleh pecinta cokelat, jenis ini tidak dianggap cokelat karena dibuat dari susu, gula yang cukup banyak, cocoa butter atau lemak biji cokelat, emulsifer, vanilla, dan ditambah perasa lain.





 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Cokelat

Antidiare sampai antioksidan. Penasaran dengan manfaat cokelat? Yuk, simak satu per satu.... read more