Diare? Obati dengan Daun Jambu Biji

 

Buah jambu biji mempunyai sejarah penggunaan yang panjang. Banyak cerita manfaat konsumsi buah jambu biji yang diketahui secara turun-termurun, dan akhir-akhir ini terbukti kebenaran ilmiahnya.  

Selain mempunyai rasa dan aroma yang khas, jus jambu biji terbukti sebagai obat diare; bahkan dianggap cukup aman dan disukai bagi anak-anak. Untuk-anak, satu gelas jus jambu  biji per hari dianggap cukup untuk mengatasi diare.

Bukan cuma buahnya, rebusan daun jambu buji pun terbukti mampu menghambat    pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Ini artinya, rebusan daun jambu biji mempunyai sifat anti diare; terutama yang disebabkan infeksi.

Komponen aktif dalam daun jambu yang diduga memberikan khasiat itu adalah zat tanin yang  cukup tinggi. Daun kering jambu biji yang digiling halus diketahui mempunyai kandungan tanin sampai sekitar 17%. Senyawa yang rasanya pahit ini mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu, tanin juga menjadi penyerap racun dan dapat menggumpalkan protein.

Foto/P Hardi Subiantoro - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi