Gizi Setangkup Sandwich

 

Sandwich jadi pilihan favorit untuk isi kotak bekal anak. Sudah tahu kandungan gizinya? Baca ini.

2 lembar roti gandum
Mengandung 80 kalori, membuatnya jadi sumber energi utama. Kandungan vitamin B kompleks mendorong metabolisme energi. Serat menstabilkan kadar gula darah hingga energi bertahan lebih lama. Roti gandum juga kaya zat besi yang bertugas membawa oksigen. Banyaknya oksigen di dalam tubuh membuat anak segar selalu. Bergizi karena mengandung folat, zat besi, selenium, magnesium, vitamin B. Tip: pilih roti gandum berlabel whole wheat atau whole grain untuk memastikan roti mengandung gandum, bukan diberi warna menyerupai gandum.

2 iris tomat
Manfaat: Mengandung 5 kalori, membentengi anak dari berbagai jenis penyakit lewat kandungan likopen yang tinggi, berfungsi sebagai anti oksidan untuk melawan paparan radikal bebas. Tomat juga melindungi tubuh anak dari berbagai infeksi. Bergizi karena mengandung sumber betakaroten, vitamin C dan kalium. Hanya tomat yang sudah diolah dengan pemanasan dan dibubuhi minyak saja, yang likopennya dapat digunakan oleh tubuh. Tip: Jangan gunakan alat masak aluminium saat memasak tomat. Kandungan asam yang tinggi di dalam tomat bisa meluruhkan partikel aluminium sehingga bercampur dengan makanan, kurang baik bagi kesehatan.
     
1 lembar keju cheddar
Manfaat: Mengandung 60 kalori, kalsium, fosfor dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Protein dalam keju juga menguatkan otot. Sementara riboflavin dan folat membantu proses metabolisme zat gizi.
Bergizi karena mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, seng, riboflavin, folat dan vitamin B12. Tip: Agar sisa keju tidak keras saat digunakan kembali, oles ujung-ujungnya dengan mentega sebelum disimpan di kulkas.

1 butir telur rebus
Manfaat: Mengandung 40-80 kalori, sumber protein dan lemak yang memberi energi tahan lama. Selain itu, protein di dalam telur berguna membangun, memperbaiki sel dan jaringan tubuh serta meningkatkan imunitas. Kandungan seng adalah salah satu antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penyembuhan luka. Bergizi karena mengandung protein, sembilan asam amino esensial, vitamin A, vitamin B dan D, zat besi serta seng. Untuk isian roti, telur mudah diolah: digoreng mata sapi, diacak (scrumble), didadar atau direbus. 

5 gr selada
Manfaat: Mengandung 5 kalori, seratnya tinggi untuk membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang sering dialami anak. Juga mengandung antioksidan untuk mencegah pembentukan sel kanker. Bergizi karena mengandung vitamin C, kalium, folat dan beta karoten. Tips: pilih warna hijau tua yang mengandung banyak betakaroten.      
   

 



Artikel Rekomendasi